Solusi Praktis untuk yang Lebih Besar Pengeluaran daripada Pendapatan

Di dunia ini masih banyak dari kawan kawan kita yang lebih besar pasak daripada tiang, lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan. Ini juga yang mendasari bagaimana cara orang kaya dan orang yang pura-pura kaya (miskin) dalam mengelola keuangannya. 

metrotvnews.com


Meskipun banyak pengusaha yang berani hutang dalam jumlah banyak, tetapi mereka bisa tenang-tenang saja dan bisa tersenyum dengan bahagia? Sedangkan ketika orang yang perekonomiannya menengah ke bawah pasti akan merasa was-was dan gelisah ketika masih dalam keadaan hutang dan tak kunjung terbayarkan dengan lunas. 

Lalu bagimana solusinya jika memang kita masih termasuk orang yang lebih besar pasak dari pada tiang? Bagiamana mensiasati hutang agar tak menggembung menjadi besar dan bagaimana solusinya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini. 

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Karena kita akan mengurangi pengeluaran, maka tentu saja hal pertama dan utama adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Kita harus bisa memetakan mana saja kebutuhan yang benar-benar butuh, dan mana saja yang hanya berupa keinginan pleasure semata. 
Anda juga dapat memulai mencatat biaya pengeluaran harian dan bulanan dalam sebuah aplikasi pencatat keuangan, atau hanya berupa hitung-hitungan dalam Ms Excel, dan sebagainya. Dengan begitu kita bisa menjadi lebih tahu pos-pos mana saja yang sekiranya bisa dipangkas. 
Selain itu, untuk mengurangi pengeluaran adalah selalu berburu barang kebutuhan dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan harga yang murah kita bisa memanfaatkan katalog promosi yang sedang berlangsung pada minggu ini atau saat akhir pekan. 

Menambah Pendapatan

Yang kedua adalah tentu saja menambah besar tiang kita yaitu pendapatan. Banyak sekali sumber pendapatan alternatif yang bisa kita lakukan selain pekerjaan pokok kita. Kita bisa memanfaatkan sosial media, group whatsapp dan lain sebagainya untuk menjual barang yang kita miliki. 
Kita bisa memulai bisnis dengan cara yang sederhana tersebut, jika dilakukan rutin dan tekun jangan kaget jika suatu saat pendapatan Anda akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar